Search

Beli Ponsel Bekas? Cek Dulu Enam Poin Ini

Suara.com - Membeli ponsel bekas dapat menjadi salah satu cara bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang. Namun perlu diingat, jika salah membeli justru akan mendapatkan rugi.

Ada baiknya Anda memerhatikan beberapa poin sebelum memutuskan membeli ponsel bekas.

Periksa Kondisi Bodi

Tampilan fisik ponsel adalah hal yang paling pertama harus dilakukan. Ponsel masih mulus tentunya lebih baik ketimbang yang sudah memiliki banyak goresan.

Namun perlu diingat bahwa ponsel yang memiliki fisik lebih mulus akan menghabiskan lebih banyak uang. Jadi alangkah baiknya memeriksa kondisi fisik.

Periksa Kelengkapan

Membeli sebuah ponsel berarti Anda akan mendapatkan aksesoris seperti charger, handsfree, atau casing. Jadi, perhatikan, apakah penjual masih menyimpan hal-hal tersebut?

Perlu diperiksa apakah semua kelengkapan masih berfungsi normal. Jadi ada baiknya periksa dulu kelengkapan yang berada di dalam dus ponsel bekas.

Periksa Fungsi Sinyal

Tidak semua smartphone dapat berjalan di jaringan 4G. Ada baiknya Anda menanyakan kepada penjual mengenai fitur konektivitas di ponsel tersebut.

Jangan lupa, cek apakah ponsel dapat menerima sinyal dengan baik. Jika sebuah ponsel tidak dapat menerima sinya, Anda sama saja membeli ponsel tidak layak pakai.

Cek Baterai

Baterai adalah salah satu komponen terpenting dalam ponsel. Jika baterai sudah rusak, maka usia ponsel dipastikan tidak akan lama.

Sebaiknya, periksa kondisi baterai. Pastikan baterai tidak cepat drop saat digunakan. Cek juga apakah baterai menggembung atau tidak.

Periksa Nomor IMEI

Selalu periksa nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). Hal ini penting untuk mengetahui keaslian suatu produk. Untuk mengetahui IMEI, cukup tekan *#06#*.

Ketahui Harga Pasaran

Menggunakan aplikasi toko online dapat menjadi cara efektif untuk mengetahui harga ponsel sekarang. Ada baiknya Anda melakukan perbandingan harga. Pasalnya, Anda tidak mau membeli ponnsel dengan harga mahal bukan?

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beli Ponsel Bekas? Cek Dulu Enam Poin Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.