Search

Dimension Data Pegang Peran Transformasi Digital untuk Tour de France

Liputan6.com, Jakarta - Transformasi digital tak dimungkiri telah menjangkau seluruh bidang, tak terkecuali olahraga.

Salah satu yang mulai melakukan perubahan digital adalah Amaury Sport Organisation (A.S.O) sebagai penyelanggara Tour de France.

Sejak 2015, A.S.O bekerja sama dengan Dimension Data untuk membuat pertandingan Tour de France tampil lebih memikat. Tak hanya itu, kerja sama ini juga diharapkan mampu menarik minat generasi muda.

"Kami diminta untuk melakukan transformasi digital ke dalam pertandingan sejak 2015," tutur Country General Manager Dimension Data Hendra Lesmana saat bertemu dengan awak media di Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Transformasi digital yang dimaksud adalah melibatkan analisis data pertandingan yang digabungkan dengan machine learning untuk membuat prediksi jalannya kompetisi.

"Jadi, setiap sepeda peserta kini dilengkapi dengan sensor yang dapat mengirimkan data, lalu data itu diolah untuk ditampilkan ke publik," tuturnya.

Selain data pembalap, pengolahan data juga dilakukan dengan mengambil informasi seputar wilayah balapan atau geospasial. Gabungan keduanya dapat dimanfaatkan untuk membuat prediksi jalannya pertandingan.

"Kami memanfaatkan machine learning untuk memprediksi juara dengan sejumlah data yang dikumpulkan. Akurasi dari prediksi ini mencapai 70 persen," ujar Hendra menjelaskan.

Setelah itu, data yang sudah diolah tersebut mulai ditampilkan ke media sosial, televisi, maupun kanal streaming. Transformasi digital ini pun sudah menuai hasil.

Dari laporan terbaru, total kunjungan ke situs web Tour de France meningkat 15 persen per tahun. Selain itu, jumlah penonton online juga meningkat dari 6 juta saat 2014 menjadi 71 juta di tahun lalu.

Berdasakan laporan itu diketahui, penonton muda lebih menyukai konten digital ketimbang siaran tradisional. Salah satu alasannya adalah pengalaman lebih dalam dan detail yang disuguhkan oleh layanan digital.

"Karena itu, kami menawarkan data-data yang real-time pada para penonton. Mulai dari kecepatan pebalap maupun posisinya, dan informasi itu dapat diakses langsung dari situs," tuturnya.

Di tahun ini, perusahaan juga menyertakan sistem analisis prediktif untuk melindungi data dari serangan siber. Berbekal dukungan NTT Security, Dimension Data dapat mengantisipasi serangan siber yang mungkin terjadi.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3603324/dimension-data-pegang-peran-transformasi-digital-untuk-tour-de-france

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dimension Data Pegang Peran Transformasi Digital untuk Tour de France"

Post a Comment

Powered by Blogger.