Search

Bos Alibaba Ogah Pekerjakan Karyawan Berprestasi, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Alibaba dikenal sebagai raksasa e-Commerce di Tiongkok. Kesuksesan Alibaba mencapai puncaknya juga tak lepas dari tangan dingin pendirinya, yakni Jack Ma.

Untuk perusahaan konglomerat sekelas Alibaba, tentu yang tercetus di pikiran kita adalah orang-orang yang bekerja di dalamnya.

Sudah pasti banyak campur tangan orang-orang pintar dan berpendidikan untuk bisa membuat Alibaba mencapai puncak kesuksesan.

Menariknya, asumsi tersebut keliru. Jack Ma ternyata tidak memiliki mindset kalau karyawan berprestasi—karyawan dengan strata pendidikan tinggi—bisa bekerja dengan baik di sebuah perusahaan.

Ia pun tidak ingin memperkerjakan karyawan jenis tersebut di perusahaannya.

Jack Ma mengungkap alasannya mengapa demikian. Menurutnya, orang yang memiliki pendidikan tinggi atau pengalaman kerja yang segudang, ternyata belum tentu bisa dinilai baik dalam bekerja.

“Saya sama sekali tak tertarik kepada kandidat karyawan Alibaba yang memiliki gelar bisnis. Belajar ilmu bisnis itu tidak penting karena kebanyakan orang yang memiliki gelar MBA (Master of Business Administration) itu tidak berguna," ujar Jack Ma dalam buku Alibaba: The House that Jack Ma Built karangan Duncan Clark, seperti dilansir Next Shark pada Minggu (29/7/2018).

"Saat mereka lulus, pasti mereka lupa apa yang telah dipelajari, di situ mereka bisa berguna kalau belajar dari pengalaman lagi,” lanjutnya.

Bersamaan dengan pernyataan Jack Ma tersebut, beberapa waktu lalu orang nomor satu di Alibaba ini juga mengungkapkan kesuksesan Alibaba tidak lepas dari kontribusi para karyawan perempuan.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3603703/bos-alibaba-ogah-pekerjakan-karyawan-berprestasi-kenapa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bos Alibaba Ogah Pekerjakan Karyawan Berprestasi, Kenapa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.