Search

Asian Games 2018 Bakal Pamer Mobil Otonomos Berbasis 5G

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran olahraga Asian Games 2018 bakal jadi salah satu momen bagi industri telekomunikasi Indonesia untuk unjuk gigi atas teknologi 5G.

Uji coba 5G yang dimaksud akan diaplikasikan untuk menjalankan mobil otonomos alias mobil tanpa sopir.

Uji coba teknologi jaringan generasi kelima untuk menjalankan mobil otonomos dilakukan oleh operator seluler Telkomsel selaku official mobile partner Asian Games 2018, yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui di Jakarta, Jumat malam (20/7/2018).

Rudiantara mengatakan, selain Telkomsel ada operator lainnya yang juga akan melakukan uji coba teknologi 5G, yakni XL bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta.

Nantinya, kata Rudiantara, frekuensi yang akan digunakan untuk mendukung jaringan 5G saat uji coba adalah frekuensi rendah.

"Frekuensinya di tiga giga kurang lebih, ada juga dibuka kemungkinan di delapan giga, kan namanya juga uji coba, enggak apa-apa lah," katanya.

Rudiantara mengatakan, tujuan uji coba penerapan 5G ini fokus ke masalah teknis, sebab menurutnya 5G bukan hanya masalah frekuensi tetapi menyoal perangkatnya.

"Jadi device di sisi user-nya dan aplikasi, semua harus lengkap, tujuannya untuk melihat itu," ujar pria yang karib disapa Chief RA ini.

Dalam uji coba di Asian Games 2018 nanti, pengoperasian mobil tanpa sopir memanfaatkan jaringan 5G. Mobil tersebut akan berjalan di komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3597211/asian-games-2018-bakal-pamer-mobil-otonomos-berbasis-5g

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asian Games 2018 Bakal Pamer Mobil Otonomos Berbasis 5G"

Post a Comment

Powered by Blogger.