Search

Studi: Punya DNA Unik, Perempuan Mampu Baca Pikiran Orang Lain

Suara.com - DNA kita rupanya bisa memengaruhi kemampuan untuk membaca pikiran dan emosi orang lain hanya dengan menatap mata orang tersebut, demikian hasil penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Molecular Psychiatry.

Lebih khusus, penelitian yang diulas oleh Science Daily pada pekan lalu itu, menunjukkan bahwa perempuan memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk membaca emosi dan pikiran orang lain hanya dengan kontak mata.

Kemampuan ini diketahui setelah para peneliti di Univeristy of Cambridge, Inggris bersama sejumlah ilmuwan dari Prancis, Australia, dan Belanda menggelar sebuah ekperimen bernama "Reading the Mind in the Eyes" atau "Eye Test".

Dalam tes ini para ilmuwan berusaha mencari tahu, apakah manusia bisa membaca emosi atau pikiran orang lain hanya dengan melihat matanya. Tes ini dikembangkan oleh para ilmuwan di Univeristy of Cambridge sekitar 20 tahun lalu.

Tes terbaru yang melibatkan 89.000 orang di dunia itu menemukan bahwa ada sekelompok orang yang punya kemampuan lebih dalam membaca pikiran dan emosi hanya dari kontak mata. Juga ditemukan bahwa pada perempuan kemampuan ini lebih baik ketimbang pada lelaki.

Lebih lanjut para peneliti menemukan bahwa gen-gen kita berpengaruh terhadap kemampuan unik ini. Mereka menemukan variasi genetik pada kromosom 3 perempuan, yang berhubungan dengan kemampuan mereka untuk membaca pikiran orang lain hanya dari kontak mata.

"Ini adalah penelitian terbesar yang menganalisis empati kognitif di dunia. Ini juga merupaka studi pertama yang mencoba menghubungkan antara performa manusia dalam Eye Test dengan variasi genom manusia," jelas Varun Warrier dari Cambridge, yang memimpin penelitian itu.

Sementara pada lelaki, kemampuan untuk membaca pikiran orang lain tidak berkaitan dengan gen-gen pada kromosom 3, satu 23 pasang kromosom pada tubuh manusia.

"Studi baru ini menunjukkan bahwa empati turut dipengaruhi oleh faktor genetik. Tetapi kita tak boleh mengabaikan faktor-faktor sosial penting lain seperti pengalaman hidupnya di masa pertumbuhan," jelas Thomas Bourgeron dari University Paris Diderot, yang juga terlibat dalam riset itu.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Punya DNA Unik, Perempuan Mampu Baca Pikiran Orang Lain"

Post a Comment

Powered by Blogger.