Search

Tips Hal yang Harus Tahu Jadi "Master" Facebook

Suara.com - Siapa yang tidak tahu Facebook? Secara sadar atau tidak, media sosial ini telah menguasai kehidupan kita.

Akhir-akhir ini, banyak orang memanfaatkan Facebook untuk membuat grup, melakukan bisnis, membuat situs web untuk organisasi mereka, dan menjadwalkan keseluruhan kalender acara.

Semua itu "tersimpan di bawah bendera huruf kecil "f". Kini Anda juga menyiarkan langsung apa yang diinginkan dan disebarkan melalui Facebook.

Jika ingin menggunakan Facebook sebagai media bisnis, sebenarnya keseluruhan perangkat yang dibutuhkan sudah ada. Bahkan, Anda bisa mengirimkan file berukuran besar cukup dengan satu tombol klik.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk menguasai Facebook:

1. Cari tahu di mana Anda masuk

Anda bisa membuka Facebook di komputer Anda dan di telepon Anda. Banyak pengguna tetap buka Facebook sepanjang hari, melompat dari satu perangkat ke perangkat untuk memeriksa teman atau memposting gambar.

Tapi sering kita lupa persis tempat kita masuk, dan apakah kita pernah keluar. Untungnya, Anda bisa mengeceknya. Facebook memungkinkan Anda melihat semua tempat yang telah Anda masuki.

Lebih baik lagi, Anda dapat melihat apakah seseorang telah masuk ke akun Anda atau berpura-pura menjadi Anda.

Fitur canggih ini sangat mudah ditemukan. Hanya untuk masuk ke Settings >> Security Settings >> Where You Logged In, dan Anda akan menemukan daftar perangkat yang saat ini mengakses akun Facebook Anda.

Fitur ini juga mencantumkan metadata login, seperti kapan dan di mana Anda terakhir kali check in, ditambah jenis perangkat yang Anda gunakan. Ingatlah bahwa ponsel terkadang menunjukkan lokasi yang aneh, yang bukan sebenarnya.

Jika informasi login Anda terlihat sedikit mencurigakan, mungkin akun Anda telah disusupi. Untuk itu, kunci akses sebelum hal ini terjadi. Ambil langkah ekstra untuk mengamankan akun Facebook Anda.

2. Periksa folder permintaan pesan

Salah satu fitur Facebook yang paling eksentrik adalah "Message Request". Jika teman Anda menulis ke akun Anda, namun Anda belum menjadikannya teman, pesannya akan dikirim ke folder Permintaan Pesan.

Banyak pengguna Facebook tidak tahu bahwa folder ini ada, sehingga pesan bisa tersimpan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum mereka memeriksanya.

Untuk memeriksa folder rahasia ini, masuk ke Messenger >> Settings >> Message Requests >> See Filtered Requests. Ini akan mengungkapkan pesan bahwa Facebook telah benar-benar tersembunyi dari Anda.

3. Kirim file menggunakan Messenger

Belum lama ini, Messenger hanyalah alternatif yang aneh untuk mengirim email. Facebook telah memperbanyak layanan ini, memberi Anda kemampuan untuk melakukan panggilan telepon, mengadakan obrolan video, mengirim uang, dan hal lainnya.

Salah satu kemampuan itu adalah mengirim dokumen. Sekarang, Anda mungkin tahu bahwa Anda dapat mengirimkan dokumen Word, pdf, foto, dan bahkan video singkat melalui Messenger.

Tapi lebih sedikit pengguna yang sadar bahwa Anda juga bisa menggunakan Dropbox untuk mengirim file. Tidak lagi ditambatkan hanya untuk email, Dropbox telah bekerja sama dengan Facebook untuk membuat file sharing menjadi lebih mudah.

Facebook baru saja menambahkan pengaturan privasi enkripsi ke aplikasi Messenger-nya. Ini memungkinkan Anda memiliki 'percakapan rahasia' yang tidak dapat diakses orang lain. Namun, untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus mengaktifkannya, karena setelan default untuk percakapan di aplikasi Messenger tidak aktif.

4. Mengatur kontak lawas

Inilah sebabnya mengapa banyak orang membuat "kontak lawas", dimana seseorang yang akan mengambil alih akun setelah pemiliknya meninggal dunia. Kontak lawas dapat menyimpan semua materi, memberi tahu kontak bahwa orang tersebut tidak lagi hidup, dan mencegah akun mengirimkan permintaan pertemanan otomatis.

Untuk mengaturnya, tekan Settings >> Account Settings >> Security >> Legacy Contact. Lalu pilih seseorang dari kontak Anda.

5. Tambahkan kontak yang tepercaya

Anda mungkin memiliki teman atau tetangga yang memegang salinan kunci rumah Anda, kalau-kalau Anda terkunci, bukan? Nah, "kontak tepercaya" pada dasarnya sama, kecuali untuk kata kunci Facebook.

Untuk memilih kontak tepercaya, buka Pengaturan >> Pengaturan Akun >> Keamanan >> Kontak Terpercaya >> Pilih Kontak Terpercaya. Kemudian, seperti kontak lawas Anda, Anda dapat memilih dari daftar teman Anda.

6. Menyisih dari iklan

Sepanjang berselanjar di Facebook, Anda akan menerima iklan berdasarkan minat yang diinginkan. Bagi orang yang menghargai privasi mereka, pengintaian ini bisa sangat meresahkan.

Untuk itu, buka Settings >> Accounts Settings >> Ads. Untuk setiap kategori, pilih Ya atau Tidak.

7. Hidupkan kembali hubungan Anda

Begitu Anda menekan beberapa ratus teman, Anda mungkin mulai melupakan siapa beberapa dari mereka. Kunjungi www.facebook.com/us, dan Anda akan melihat sejarah lengkap yang Anda bagikan di Facebook dengan salah satu kontak Anda.

Saat Anda berada di sini, pergi ke About >> Family and Relationships >> Edit, dan di sana Anda akan menemukan menu drop-down. [USA Today]

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Hal yang Harus Tahu Jadi "Master" Facebook"

Post a Comment

Powered by Blogger.