Search

Objek yang Diduga Struktur Raksasa Alien Kembali Beraksi

Suara.com - Sebuah objek luar angkasa yang dikenal dengan nama KIC 8462852 atau juga disering disebut "Bintang Boyajian" kembali aktif "berkedip" dan karenanya
menarik perhatian para astronom di dunia.

Objek yang juga sering dijuluki sebagai "Alien Megastructure" itu mulai berkedip pada 19 Mei pagi dan memaksa para astronom untuk mengintai perilakunya yang memang aneh.

"Pada sekitar pukul 4 agi, saya ditelepon... Observatorium di Fairborn, Arizona telah memastikan bahwa cahaya bintang itu meredup 3 persen dari biasanya," kata Jason Wright, pakar astronomi dari Pennsylvania State University, AS, yang meneliti objek tersebut.

Bintang Boyajian?

Juga dikenal sebagai "Tabby's Star" untuk menghormati Tabetha Boyajian, astronom perempuan yang pertama kali menemukannya pada 2015 lalu, KIC 8462852 memang sangat misterius.

KIC 8462852 terkenal di antara para astronom karena perilakunya yang tak mengikuti pola perilaku benda langit lainnya yang sudah dikenal. Yang unik dari perilaku benda ini adalah perubahan cahayanya yang tak bisa ditebak.

Biasanya perubahan cahaya bintang dipengaruhi oleh adanya pergerakan planet-planet yang lewat di depannya. Karenanya meredup atau tidaknya sebuah bintang, akan mengikuti pola pergerakan planet-planet di sekitarnya.

Tetapi pada KIC 8462852 tak ada pola itu. Cahayanya bisa meredup dan kembali normal sesukanya saja. Tidak hanya itu, cahaya yang berkurang saat meredup juga bisa sangat besar.

Cahaya KIC 8462852 pernah meredup hingga 20 persen dan belum ada bintang yang pernah diamati yang cahayanya berkurang hingga 20 persen karena dilintasi oleh planet.

Perilaku ini memicu dugaan bahwa ada sesuatu yang sangat besar dan tak biasa, yang mengorbiti KIC 8462852. Salah satu ilmuwan yang mendukung teori ini adalah Wright.

Ia menduga ada sebuah struktur yang dibangun alien di sekitar KIC 8462852.

"Alien memang seharusnya menjadi hipotesis terakhir, tetapi benda ini terlihat seperti sesuatu yang hanya bisa dibangun oleh sebuah peradaban alien," kata Wright kepada The Atlantic pada akhir 2015 lalu.

Selain teori tentang alien, para ilmuwan menduga bahwa penyebab meredupnya cahaya KIC 8462852 adalah karena gelombang komet-komet raksasa yang secara periodik mengorbiti bintang tersebut.

Dan kini para ilmuwan kembali mengarahkan teleskop-teleskop mereka ke KIC 8462852 untuk memastikan teori mana yang paling benar menggambarkan fenomena unik tersebut.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Objek yang Diduga Struktur Raksasa Alien Kembali Beraksi"

Post a Comment

Powered by Blogger.