Search

Google: Alquran Paling Banyak Dicari Selama Ramadan

Suara.com - Google Indonesia, pada Kamis (4/5/2017), mengungkapkan bahwa memasuki bulan Ramadan muncul tren unik dari pengguna internet di Tanah Air. Tren itu dipelajari dari data-data pengguna Google di Indonesia selama 2016 lalu.

Salah satu fenomena unik itu, jelas Ariani Dwijayanti, analis industri di Google, adalah naiknya minat pengguna mesin pencari Google pada khususnya tiga buah kata.

"Tiga kata itu adalah Alquran, tiket KA, dan tiket pesawat. Khusus untuk Alquran, meningkat 800% dari tahun sebelumnya," jelas Ariani di Kantor Google Indonesia, di Jakarta.

Selain soal tiga kata unik tersebut, Ariani juga menambahkan bahwa jumlah pencarian di mesin pencari Google selama bulan suci umat Islam itu naik hingga lima kali lipat.

"Dari data pencarian di 2016, pencarian Ramadan meningkat sebesar 28%. Dan kebanyakan dari pencarian itu berasal dari ponsel pintar," ujar Ariani.

Ia juga menyebutkan bahwa sebagian besar pencarian selama bulan Ramadan dilakukan menggunakan telepon seluler pintar.

Ariani menjelaskan bahwa meningkatnya pencarian di mesin pencari Google selama Ramadan karena penetrasi internet yang semakin meningkat dan jumlah pengguna ponsel pintar yang semakin banyak di Indonesia.

"Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sudah ada 132 juta orang Indonesia yang menggunakan internet. Itu Kan hampir separuhnya total masyarakat Indonesia. Jadi wajar jika pencarian Google di Ramadan meningkat," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Google: Alquran Paling Banyak Dicari Selama Ramadan"

Post a Comment

Powered by Blogger.