Search

Waspada, Hacker Bisa Buka Kunci Layar Android dengan Sistem Sonar

Amerika Serikat (AS) dan Inggris memeringatkan potensi serangan siber global yang menargetkan router, pemancar, dan perlengkapan jaringan lainnya. Peringatan ini dikeluarkan demi  membantu target hacker untuk melindungi diri.

"Kami tak punya pandangan secara mendalam terhadap cakupan serangan itu," kata pejabat keamanan siber Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS, Jeanette Manfra.

Kedua negara adidaya ini menyalahkan dukungan pemerintah Rusia kepada hacker yang bekerja untuk agen pemerintah, pebisnis, dan operator infrastruktur penting. 

Peringatan juga diklaim tidak berhubungan dengan dugaan serangan senjata kimia di Suriah.

Diwartakan Gulf News, Kremlin tak merespons tuduhan serangan siber itu. Sementara itu, Moskow membantah tuduhan telah melakukan serangan siber ke AS dan negara lainnya.

Meski begitu, peringatan yang dikeluarkan Senin 16 April 2017 itu tetap menuai kritik. Beberapa pakar keamanan siber swasta mengkritik pemerintah AS yang terkesan lamban merilis informasi.

Seorang pejabat senior AS, yang enggan disebut namanya, mengatakan bahwa serangan siber Rusia dalam beberapa tahun terakhir memiliki keunikan. "Serangan ini lebih sulit dilacak dan dideteksi," kata pejabat itu.

Washington dan Inggris yang menerbitkan peringatan bersama ini juga mengatakan, serangan siber global tersebut telah dilakukan sejak 2015 dan dapat meningkat seiring serangan yang terjadi.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Kisah Doyok, Otoy dan Ali Oncom (DOA) merupakan sebuah film komedi yang menceritakan tiga sosok manusia yang berbeda latar belakang namun punya kesamaan nasib di kerasnya kehidupan ibukota, yakni nasib sial.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3636980/waspada-hacker-bisa-buka-kunci-layar-android-dengan-sistem-sonar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waspada, Hacker Bisa Buka Kunci Layar Android dengan Sistem Sonar"

Post a Comment

Powered by Blogger.