Search

7 Prinsip Kepemimpinan Daniel Zhang yang Patut Kamu Tiru

Liputan6.com, Jakarta - Founder dan Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma, yang memutuskan pensiun menunjuk Daniel Zhang (saat ini menjabat sebagai CEO Alibaba Group) untuk menjadi penerusnya. Nama Zhang sendiri tak asing di Alibaba, mengingat dirinya sudah menjabat sebagai CEO sejak 2015.

Menjalankan perusahaan ritel e-Commerce terbesar di dunia yang sangat dinamis tentu banyak tantangannya. Sejak menjadi CEO, Zhang mengaku terus memegang prinsip kepemimpinan untuk membimbing dirinya dan tim.

Zhang adalah orang di balik kesuksesan festival belanja Alibaba yang populer dengan nama 11.11. Nilai transaksi dalam festival ini dilaporkan terus meningkat, dari 50 juta yuan saat 2009 dan mencapai 168 miliar yuan pada tahun lalu.

"11.11 adalah acara belanja terbesar di dunia. Kami membayangkan strategi 'Ritel Baru' untuk membawa Alibaba dan mitra kami ke masa depan," ujar Daniel Zhang sebagaimana dikutip dari CNBC, Senin (10/9/2018).

Untuk membawa perusahaan terus maju, Zhang memegang tujuh prinsip kepemimpinan. Apa saja? Berikut ini ulasannya:

1. Manajemen Bukanlah Kepemimpinan

Zhang membedakan antara 'manajer' dan 'pemimpin.' Seorang manajer menjalankan bisnis dan mendapatkan hasil yang diharapkan. Sementara misi seorang pemimpin adalah memimpin tim, bukan hanya untuk mendapatkan hasil. Seorang pemimpin juga menciptakan masa depan.

"Apa yang kami inginkan di Alibaba adalah pemimpin. Perusahaan tidak akan memilih saya sebagai CEO jika saya hanya seorang manajer," tutur Zhang.

2. Bersaing dengan Diri Sendiri

Persaingan ketat dalam bisnis bukanlah hal yang buruk. Ini adalah hal yang menguntungkan. Kamu harus terjaga setiap saat, bahkan ketika kamu sedang tidur. Kamu harus selalu belajar dan berinovasi. Jika kamu berpikir tidak memiliki persaingan, itu salah besar.

"Jika kamu tidak membunuh diri kamu yang lama, maka kamu akan dibunuh oleh pesaing. Kamu harus memiliki keberanian untuk menemukan kembali diri kamu," ucap Daniel Zhang menambahkan.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3640828/7-prinsip-kepemimpinan-daniel-zhang-yang-patut-kamu-tiru

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Prinsip Kepemimpinan Daniel Zhang yang Patut Kamu Tiru"

Post a Comment

Powered by Blogger.