Search

Mau Nobar Gerhana Bulan Total? Cek Lokasinya di Sini

Gerhana bulan total yang bakal berlangsung besok, Sabtu dini hari (28/7/2018), diklaim akan menjadi peristiwa alam terlangka.

Pasalnya, gerhana bulan total tersebut akan menjadi gerhana dengan durasi paling lama di abad ke-21. Durasi gerhana bulan total ini berkisar 1 jam 43 menit.

Lalu, kapan gerhana bulan total terlama berikutnya akan kembali terjadi?

Menurut Kepala Bidang Diseminasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Emanuel Sungging, gerhana bulan total terlama berikutnya akan terjadi dalam waktu yang sangat lama.

Ia mengungkap, gerhana bulan terlama hanya terjadi selama satu kali selama 100 tahun.

"Fenomena alam ini terbilang langka, karena terjadi ketika Bumi sejajar antara Bulan dan Matahari," ujar Emanuel dalam keterangan resminya.

NASA juga mengungkap tanggal terjadinya gerhana bulan terlama di masa depan. Dilansir Accu Weather, Jumat (27/7/2018), Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut membeberkan, gerhana bulan paling lama selanjutnya akan terjadi pada 9 Juni 2123.

Badan Antariksa Amerika Serikat ini menjelaskan, gerhana bulan total yang nantinya berlangsung pada 2123 akan memiliki durasi yang lebih lama, yakni 106 menit. Berbeda dengan yang sekarang, Indonesia tidak akan bisa menyaksikan gerhana di momen tersebut.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3601951/mau-nobar-gerhana-bulan-total-cek-lokasinya-di-sini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Nobar Gerhana Bulan Total? Cek Lokasinya di Sini"

Post a Comment

Powered by Blogger.