Search

Gmail Rayakan Hari Jadi dengan 15 Fitur Baru - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki usia 15 tahun pada 1 April 2019, Gmail memperkenalkan 15 fitur baru untuk penggunanya. Setelah berhasl menyingkirkan kompetitornya Yahoo, Gmail secara agresif melengkapi layanannya dengan sejumlah fitur.

Mengutip Pocket Lint, berikut kelima belas fitur yang dirilis Gmail untuk merayakan hari jadinya.

Smart reply
Fitur smart reply dibekali kecerdasan buatan untuk memberikan pilihan kata saat hendak menjawab suret yang kemungkinan akan digunakan.

Smart compose
Selain menjawab surel, kecerdasan buatan juga diterapkan untuk merangkai kata pada surel yang baru ditulis. Fitur yang baru dirilis pada 2018 lalu ini akan menampilkan kata yang hendak ditulis, caranya dengan mempelajari kebiasaan kata yang kerap digunakan saat menuliskan surel.

Nudge
Meski nampak sederhana, fitur ini bisa 'menyundul' surel baru yang belum dibaca dan akan ditampilkan dalam bentuk 'bold' sehingga memudahkan pengguna menyorit informasi terbaru.

Gmail search
Kendati menjadi fitur paling tua yang ada di Gmail, namun fitur pencarian bisa membantu pengguna mencari surel dengan topik tertentu di tengah tumpukan surel lama. Untuk melakukan pencarian secara lebih spesifik, pengguna bisa mencarinya berdasarkan jumlah huruf atau tautan tertentu yang ada di dalamnya.

Archieve
Dengan menggunakan fitur archieve, pengguna tak perlu khawatir tidak sengaja menghapus surel-surel penting. Fitur ini akan mengelompokkan surel tertentu yang dianggap penting di tab lain agar kotak masuk tetap bisa 'bernapas'.

Undo sent email
Fitur ini membantu pengguna untuk menarik kembali pesan yang tak sengaja menekan tombol kirim. Fitur yang diperkenalkan sejak 2015 lalu ini bisa digunakan oleh pengguna dengan durasi maksimal 30 detik setelah pesan terkirim.

Berganti akun Gmail
Gmail akan memudahkan pengguna saat harus berganti antara akun pribadi dan urusan pekerjaan. Masing-masing akun bisa diganti hanya dengan beberapa sentuhan jari tanpa perlu masuk ulang atau menuliskan kembali kata sandi ketika berganti akun.

Gmailfy
Pengguna Gmail bisa jadi memiliki akun lama ketika masih menjadi pengguna Yahoo atau layanan surel lainnya. Dengan menghubungkan alamat surel lama dengan Gmail, pengguna tetap bisa mengakses isi di dalam kotak masuk surel lama tanpa perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi.

Mode konfidensial
Fitur ini dirilis untuk mempertebal lapisan keamanan Gmail. Model ini membantu pengguna menentukan waktu ekspirasi akun yang digunakan. Tak hanya itu, fitur ini juga membantu membatasi pesan yang masuk ke akun dan siapa saja yang tidak bisa membuat salinan surel, termasuk dari akun yang bersifat rahasia.

G-suite
Akun Gmail yang terkoneksi dengan fitur G-Suite membuat pengguna bisa mengakses Google Hangout dan Calendar untuk keperluan pekerjaan dan kelompok. Pengguna juga bisa menambahkan aplikasi pihak ketiga untuk melengkapi fungsi G-Suite.

Snooze
Sama halnya dnegan alarm, fitur ini bisa dipakai jika pengguna belum bisa membaca satu surel dan dialihkan ke waktu lain. Ketika fitur ini diaktifkan, surel akan kembali muncul sesuai durasi yang telah dipilh misalnya pada beberapa jam atau hari berikutnya.

Work offline
Fitur ini membantu pengguna untuk tetap mengakses hingga membalas dan mengirim surel meski tanpa koneksi internet. Hanya saja, fitur ini baru tersedia jika mengakses Gmail lewat mesin peramban Google Chrome.

Mengirim uang
Pengguna Gmail bisa mengirim dan menerima uang dari dan ke surel lain. Uang yang dikirimkan bisa berasal dari saldo Google Play, kartu debit, atau rekening bank yang telah terhubung dengan Google Play.

Terintegrasi Drive
Gmail membatasi sisipan data maksimal 25 MB. Google mengatasi masalah ini dengan mengintegrasikan Gmail dan Drive. Nantinya tautan data yang tersimpan di dalam Drive bisa dimasukkan sebagai sisipan. Dengan cara ini, pengguna bisa mengirim foto dan video resolusi tinggi berkapasitas maksimal 10 GB.

Kiriman terjadwal
Di ulang tahun ke-15, Gmail hadir dengan fitur yang membantu pengguna menjadwalkan surel sebelum dikirim. Pengiriman terjadwal sangat membantu ketika pengguna sedang berada di luar jam kerja dan hendak menepati tenggat waktu pekerjaan atau saat mengirimkan surat ke penerima dengan zona waktu berbeda.

"Kami mengerti bahwa pekerjaan seringkali terbawa hingga di luar jam kerja. Tapi sangat penting agar setiap orang memiliki waktu rehatnya," ungkap direktur manajemen produk, Jacob Bank seperti dilansir USA Today.

Kendati memiliki 15 fitur, Google belum memastikan kapan fitur smart compose dan kiriman terjadwal akan dirilis ecara masif. Sejauh ini, kedua fitur tersebut baru tersedia di perangkat iOS. (lea/evn)

Let's block ads! (Why?)


https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190402131828-185-382859/gmail-rayakan-hari-jadi-dengan-15-fitur-baru

2019-04-02 06:40:48Z
52781540375320

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gmail Rayakan Hari Jadi dengan 15 Fitur Baru - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.