Search

Tak Cuma Mars, Deretan Planet Ini Juga Bakal Hiasi Gerhana Bulan Terlama

Liputan6.com, Jakarta - Planet Mars disebut bakal bisa disaksikan selama peristiwa gerhana bulan total terlama berlangsung. Selama gerhana, Planet Merah akan muncul sebagai titik paling terang di langit malam nanti.

Menariknya, Mars ternyata bukan satu-satunya yang akan muncul dari langit selama gerhana bulan total terlama.

Beberapa planet lain, seperti Merkurius, Venus, Jupiter, dan juga Saturnus, diprediksi juga akan menghiasi fenomena alam langka bernama Micro Blood Moon tersebut.

Menurut ahli astronomi Dr Grant Christie, hal tersebut terjadi secara kebetulan. Ia pun menjelaskan penyebab ilmiah terjadinya mengapa banyak planet bisa menghiasi gerhana bulan total.

"Saturnus itu mengitari Matahari setiap 30 tahun sekali, sedangkan Jupiter mengelilingi Matahari setiap 12 tahun sekali. Mereka cenderung ada di sisi yang berseberangan. Jadi, sangat jarang mereka bisa berdampingan dalam waktu yang bersamaan," kata Christie seperti dikutip New Zealand Herald pada Jumat (27/7/2018).

Adapun untuk Merkurius dan Venus, Christie berkata kehadiran dua planet paling dekat dengan Matahari inijuga bukanlah hal yang sering disaksikan manusia. Keduanya juga sering muncul secara terpisah, entah dari sisi barat atau pun timur.

"Mereka seringkali tampak kabur, karena langit masih terlihat cerah. Fenomena ini tak biasa untuk disaksikan secara bersamaan di langit sebelah barat," lanjutnya.

Walau tampil secara bersamaan, Merkurius justru tidak tampak secara terang-terangan. Sementara, Venus justru akan tampak lebih jelas.

Pada kesempatan yang sama, ahli astrofisika Ethan Siegel, juga membenarkan kalau planet-planet yang disebutkan di atas akan tampak selama gerhana bulan total terlama berlangsung. Ia juga mengungkap, planet yang akan tampak lebih jelas selama gerhana adalah Venus dan Jupiter. 

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3602204/tak-cuma-mars-deretan-planet-ini-juga-bakal-hiasi-gerhana-bulan-terlama

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Cuma Mars, Deretan Planet Ini Juga Bakal Hiasi Gerhana Bulan Terlama"

Post a Comment

Powered by Blogger.