Search

Studi: Smartphone Justru Bikin Penggunanya Enggak Cerdas

Suara.com - Menggenggam telepon seluler pintar atau smartphone sering membuat orang merasa keren dan percaya diri. Tetapi sebuah studi terbaru di Amerika Serikat menunjukkan bahwa ponsel pintar justru membuat pemiliknya tidak cerdas.

Studi dari para ilmuwan di University of Texas, Austin, AS itu digelar dalam bentuk sebuah eksperimen yang melibatkan 800 pengguna ponsel pintar.

Dalam studi itu para sukarelawan diminta mengerjakan ujian yang menuntut konsentrasi. Mereka dibagi dalam tiga kelompok: yang dipersilahkan meletakkan ponsel di atas meja dengan layar menghadap ke permukaan meja; yang menyimpan ponselnya di dalam saku; dan yang dilarang membawa ponsel ke dalam ruang ujian.

Hasil eksperimen itu menunjukkan bahwa mereka yang dilarang membawa ponsel ke ruang ujian mendapatkan nilai lebih tinggi dari mereka yang membawa ponsel ke dalam ruangan. Mereka yang meletakkan ponsel di meja mendapat nilai paling buruk.

"Alam sadar Anda memang tak memikirkan ponsel itu. Tetapi proses tersebut - ketika pikiran Anda berusaha untuk tidak berpikir tentang sesuatu (dalam hal ini ponsel) - telah menyita sebagian sumber daya kognitif Anda," tulis Adrian Ward, peneliti yang memimpin studi tersebut.

"Proses ini menguras otak Anda," imbuh dia.

Para peneliti menyimpulkan bahwa semakin dekat sebuah ponsel dengan pemiliknya, maka kemampuan pemiliknya untuk fokus dan mengerjakan sebuah tugas aan semakin berkurang.

"Keberadaan sebuah ponsel pintar sudah cukup untuk mengurangi kemampuan kognitif seseorang," pungkas Ward. (CNet)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Smartphone Justru Bikin Penggunanya Enggak Cerdas"

Post a Comment

Powered by Blogger.