Search

Naik Kereta Api Ini, Gunakan Chip Tubuh sebagai Tiket

Suara.com - Kereta Api adalah salah satu moda transportasi favorit masyarakat. Berkat kecanggihan teknologi, kini pembayaran kereta tidak lagi menggunakan uang tunai.

Operator kereta api asal Swedia, SJ, meluncurkan sebuah terobosan baru yang belum pernah dilakukan perusahaan lain.

SJ menawarkan kepada penumpang pilihan menggunakan chip biometrik yang ditanamkan ke tangan mereka sebagai pengganti tiket kereta api reguler.

Chip kecil ini memiliki teknologi near field communication (NFC), yang memungkinkan konduktor memindai tangan penumpang.

Perlu diingat bahwa skema ini hanya berlaku bagi penumpang yang sudah memiliki implan biometrik. Sebab, SJ tidak menawarkan penanaman chip kepada penumpang.

Sebagaimana diketahui, sudah 2.000 orang Swedia telah menjalani implan bedah sampai saat ini. Kebanyakan dari mereka bekerja di industri teknologi.

Operator SJ mengatakan, pihaknya memperkirakan sekitar 200 orang akan menggunakan metode microchip. Namun, pengguna harus mendaftar sebagai anggota program loyalitas untuk mengakses layanan tersebut.

Reaksi terhadap gagasan tersebut sebagian besar positif. Namun, tak sedikit yang mengkhawatikan masalah privasi penumpang.

"Tentu ada reaksi yang beragam. Beberapa orang prihatin dengan masalah privasi, dan itu adalah sesuatu yang benar-benar kita anggap serius. Kami datang dengan menggunakan nomor keanggotaan yang sangat rahasia," ujar juru bicara SJ. [Independent]

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Naik Kereta Api Ini, Gunakan Chip Tubuh sebagai Tiket"

Post a Comment

Powered by Blogger.