Search

NASA Menemukan Trunami Gas Berukuran Besar di Angkasa

Suara.com - Ini mungkin menjadi salah satu penemuan "istimewa" yang dibuat NASA. Baru-baru ini, para peneliti menggunakan data dari Chandra X-ray Observatory NASA

Kelompok tersebut baru saja melaporkan temuannya tentang "tsunami" yang benar-benar kolosal tentang kumpulan gas panas melalui Cluster Perseus Galaxy terdekat. Ukurannya pun sangat sangat besar sehingga gelombang itu benar-benar membuat seluruh galaksi kita menjadi kecil.

Temuan para peneliti ini dijadwalkan akan diterbitkan dalam terbitan bulan Juni 2017 dari Perhimpunan Astronomi Royal. Dari temuan itu menunjukkan bahwa flyby sebuah cluster galaksi yang lebih kecil miliaran tahun yang lalu, pada dasarnya menggerakkan gas cluster Perseus, menciptakan putaran, formasi di mana gelombang kolosal terbentuk.

Gelombang ini diperkirakan berukuran sekitar 200.000 tahun cahaya, yang kira-kira berukuran dua kali dari Bima Sakti kita sendiri. Ini dikategorikan sebagai gelombang Kelvin-Helmholtz, yang pada dasarnya berarti bahwa penciptaannya merupakan hasil dari ketidakstabilan antara cairan yang tidak serasi, dan ukurannya adalah akibat langsung dari kekuatan medan magnet cluster itu sendiri. Gelombang akhirnya akan menghilang, tapi tidak untuk jutaan tahun.

Jika dibayangkan, penemuan ini agak menyeramkan. Tapi Anda harus tahu bahwa Perseus adalah 250 juta tahun cahaya dari Bumi dan tsunami gas, dalam sebuah simulasi, pada dasarnya hanyalah sebuah Cluster galaksi dengan sedikit uap dan tidak membahayakan bagi Bumi. [BGR]

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA Menemukan Trunami Gas Berukuran Besar di Angkasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.