Suara.com - Idul Fitri 2017 tinggal sekitar tujuh pekan lagi dan operator seluler XL Axiata sudah mempersiapkan diri untuk menyambut musim liburan paling padat di Tanah Air, dengan jutaan orang secara bersamaan bergerak untuk mudik ke kampung halaman.
Tetapi Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan bahwa musim mudik 2017 merupakan yang paling unik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
"Mudik tahun ini sangat unik. Mudik sekarang akan menjadi mudik digital," kata Yessie di Seminyak, Bali, Senin (8/5/2017).
Yessie menjelaskan, XL memperkirakan bahwa jelang Lebaran 2017, perilaku para pemudik akan berkaitan erat dengan dunia digital.
"Semuanya akan dilakukan secara digital. Mulai dari memesan tiket pesawat atau kereta, yang secara online. Check in, juga secara online. Di sepanjang jalan, bagi mereka yang mengendarai mobil, para pemudik akan menggunakan aplikasi navigasi seperti Waze atau Google Maps," jelas Yessie.
Dengan perubah perilaku itu, XL memperkirakan akan ada peningkatan konsumsi data internet yang drastis pada musim mudik 2017. Yessie menjelaskan bahwa pada Lebaran 2016 lalu, konsumsi data internet para pengguna XL sekitar 1.266 TB.
"Pada hari normal di 2017, konsumsi data sudah naik hingga 3.600 TB dan pada Lebaran akan naik sampai 20-30 persen," jelas Yessie.
Karenanya XL telah mempersiapkan beberapa program untuk mempersiapkan layanan prima kepada para penggunanya di sepanjang musim mudik Lebaran.
Program itu antara lain menambah kekuatan dan kapasitas jaringan di sejumlah area yang diperkirakan akan dipadati pemudik. Area-area ini antara lain di Jawa Tengah, pantai selatan Jawa Barat, dan Bali.
"Di daerah Jawa Tengah kami sudah menambah sekitar 5000 lokasi coverage baru," jelas I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL Axiata, pada kesempatan yang sama.
Selain di area Jawa dan Bali, Gede menambahkan bahwa peningkatan kualitas XL juga digelar di area Sumatra dan Kalimantan.
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Mudik 2017, Mudik Digital"
Post a Comment