Search

Amerika Kembalikan Artefak Curian dari Abad ke-8 Milik Italia

Suara.com - Amerika Serikat mengembalikan artefak yang dicuri dari Italia, setidaknya bernilai 90.000 dolar AS atau sekitar Rp11 miliar. Para pejabat setempat mengungkapkan bahwa artefak itu berasal dari abad ke-8 SM, namun dijarah dan diperdagangkan ke luar negeri.

Dari bagian artefak itu, terdapat sapi perunggu Sardinia dan perunggu perenang Sardinia dari abad ke-8 SM, perunggu Heracles Yunani dari abad ke-3 atau 4 SM dan cangkir minum abad ke-4 SM yang bergambar dua kepala kambing.

Ada juga sebuah kendi anggur yang dihiasi dengan gambar domba jantan dan kumbang bertanggal 650 SM, labu minyak 340 SM bergambar seorang lelaki memegang sepiring buah dan serupa dengan seorang lelaki memegang kecapi, tertera berasal dari tahun 430 SM.

Enam dari item tersebut diambil dari galeri Manhattan pada bulan April lalu, sebagai bagian dari investigasi yang sedang berlangsung terhadap perdagangan barang antik internasional. Menurut pejabat setempat AS, benda ketujuh itu diambil dari galeri berbeda di bagian lain Midtown Manhattan.

Benda-benda antik itu dicuri pada tahun 1990-an dari lokasi pemakaman dan tempat-tempat penting arkeologi di Italia, kemudian diselundupkan ke luar negeri.

Sedangkan New York terkenal sebagai pusat budaya dan perputara keuangan di Amerika, sekaligus pusat utama pasar seni internasional yang dilengkapi dengan beragam galeri dan rumah lelang.

"Galeri seni, rumah lelang, institusi akademik dan kolektor, harus waspada dalam mengenali dan mengidentifikasi tanda-tanda pencurian dan perdagangan manusia," kata pengacara distrik Manhattan Cyrus Vance.

Konsul jenderal Italia di New York, Francesco Genuardi, menyambut kembalinya apa yang dia sebut tujuh benda berharga dan menakjubkan. Artefak yang kembali akan dipajang di museum. [Al Arabiya]

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Amerika Kembalikan Artefak Curian dari Abad ke-8 Milik Italia"

Post a Comment

Powered by Blogger.